Tips Liburan di Rumah Sambil Bekerja di Rumah

Bercerita tentang liburan di rumah, bukan berarti cerita tentang tidur, atau bermalas-malasan di rumah. Jika Anda seorang Blogger maka Anda akan berkata, bahwa di rumah juga bisa bekerja. Memang banyak orang akan melihat kita aneh, karena jarang sekali keluar rumah untuk bekerja, mereka menganggap kita tidak memiliki pekerjaan, karena mereka (tetangga-kanan-kiri) melihat kita selalu berada di rumah. Tak jarang juga ada yang nyinyir bilang “enak ya mas di rumah terus!”

Wah mereka tidak tau sih blogger itu kan bisa bekerja dari mana saja, kapan saja, dan dalam situasi bagaimanapun (kecuali tidak ada koneksi). Hoho.. ๐Ÿ˜€

Mereka juga tidak tau, kalau blogger juga sering berpergian, baik keluar kota, atau acara-acara tertentu di dalam kota. Ya Blogger juga punya banyak acara.

Sebelum bercerita tentang pergi ke acara Blogger, artinya kita harus bahas dan samakan dulu pemikiran tentang apa itu atau siapa yang dimaksud Blogger?

menulis artikel saling silang

Blogger adalah; orang yang melakukan aktivitas ngeblog, baik menggunakan blog berbayar maupun blog gratisan. (Ini menurut saya). Nah, yang dimaksud blog apa nih? Salah satu media online, atau sosial media yang berupa situs pribadi. (ini juga menurut saya lho).

Sering juga pertanyaan datang kepada saya dan beberapa orang meminta dibimbing oleh saya tentang bagaimana menjadi seorang blogger, apakah kegiatan blog itu dapat memberikan penghasilan tambahan berupa material atau menambah keuangan pribadi.

Saya akan katakan bisa iya, bisa tidak. Tergantung apa maksud dan tujuan Anda ngeblog! Berdasarkan pengalaman saya ngeblog pertama kali, dulu saya menganggap sebuah blog hanyalah tempat belajar menulis, dan memuaskan apa yang ingin saya tulis. Ternyata bukan itu saja yang saya dapatkan, bahkan lebih.

Secara garis besar jika dikategorikan secara umum jenis tulisan di blog dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu;
Tulisan bebas, yang ini biasanya blogger newbi atau sedang belajar, atau bisa saja blogger yang hanya iseng-iseng ingin berbagi melalui aktivitas ngeblog.

Berdasarkan pesanan, blogger jenis ini dapat dikatakan blogger newbi, tapi bisa juga blogger yang benar mendalami kegiatan ngeblog. Karena dengan blognya maka dia akan mendapatkan penghasilan. Blogger seperti ini juga dikatakan bahwa kegiatan ngeblog baginya adalah profesi.

Dan yang terakhir tulisan berdasarkan pencarian. Nah blogger yang satu ini adalah blogger yang expert, jiwa blogger dalam dirinya tidak hanya tentang apa yang ditulis, tapi lebih dari itu, yaitu setiap tulisannya berdasarkan pencarian yang banyak dicari orang melalui mesin pencari ke blognya. Bahkan blogger seperti ini, menjadikan kegiatan ngeblognya merupakan profesi bagi dirinya.

Salah satu yang dilakukan dari profesi ngeblog itu adalah, dengan membantu orang lain yang membutuhkannya. Seperti jasa menulis atau jasa review atau juga jasa SEO (Search Engine Optimation). Juga profesi ngeblog dengan memanfaatkan jumlah visitor ke blognya, baik dengan iklan banner, maupun iklan PPC (Pay Per Click). Serta ada juga blogger yang menjadikan dirinya seorang profesional dengan mengikuti beberapa acara Blogger, begitu juga lomba-lomba untuk para Blogger.

Dengan mengikuti acara-acara blogger, banyak hal akan didapatkan. Misal, pengalaman, kenalan baru, ilmu pengetahuan, tentunya juga ada kemungkinan besar mendapatkan keuntungan materi.

Untuk keuntungan materi ini, jika ada lomba yang diadakan oleh acara tersebut, atau seminimalnya pulang dari acara akan membawa pulang buah tangan, atau biasa disebut goodiebag.

Hal tersebut pastinya tidak akan membuat Anda rugi untuk mengikuti acara Blogger, walau tidak mendapat keuntungan secara materi, mendapatkan pengalaman baru, kenalan baru, dan juga pengetahuan yang baru merupakan keuntungan yang sangat penting didapat sebagai gantinya saat pergi ke acara Blogger.

Jadikanlah dirimu mahal, maka Kamu akan benar-benar mahal. Maksudnya bukan soal dirimu harus memiliki rate yang tinggi, tapi jangan terlalu murahan untuk mengikuti semua acara-acara blogger. Seperti, ada acara blogger yang ini, harus ikut, dan harus ikut acara yang itu, begitu juga dengan lomba-lombanya.

Tapi saya sarankan untuk Anda memilih acara blogger yang tepat buat Anda ikuti, jangan terlalu mengambil seluruhnya. Seperti pesan orang tua saya yang pernah saya dengar, yaitu jangan terlalu serakah dalam hidup. Begitu juga dengan ngeblog, berbagilah kesempatan kepada orang lain. Atau seminimalnya batasi dirimu supaya jangan terlalu melebihi porsi yang cukup untuk dirimu, jangan sampai kecapean atau malah jatuh sakit, karena terlalu memeras tenaga waktu dan pikiran untuk mengikuti beberapa bahkan banyak acara Blogger dalam waktu yang bersamaan atau yang berdekatan.

Kasihani dirimu juga, capek tau… Nanti kamu bisa sakit, jaga kesehatan juga loh. Kecuali jika kamu benar-benar seorang fultime blogger itu lain hal, tapi jangan mengaku seorang blogger bahwa terlalu berlebihan berlagak atau bersikap seorang blogger, padahal kamu ngeblognya aja kalau ada reviewer atau permintaan buzzer, atau ikut acara-acara blog hanya bisa saat akhir pekan serta hari libur saja.

Kenapa saya bilang begitu, karena ternyata sejak saya tinggal di Ibukota banyak banget acara blogger di Jakarta. Saya mengenal beberapa orang yang mengaku blogger, tapi blognya update atau yang mengaku blogger itu hanya posting setelah pulang dari acara-acara blogger, atau bisa saja dikatakan karena memenuhi kewajibannya setelah mengikuti salah satu acara blogger, bahkan hanya postingan yang merupakan pesanan saja. Artinya, jika tidak ada acara maka blog tidak ada update/posting. Hehe.. (,”)

Saling Silang

SalingSilangNET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

DR Al Habib Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab, Lc, MA, DPMSS

Tue Apr 12 , 2016
Profil Singkat Habib Rizieq Habib Rizieq yang bernama lengkap Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab (lahir di Jakarta, 24 Agustus 1965; umur 50 tahun) adalah seorang tokoh Islam Indonesia yang dikenal sebagai pemimpin organisasi Front Pembela Islam. Habib Muhammad Rizieq Shihab mendeklarasikan berdirinya Front Pembela Islam (FPI) tanggal 17 Agustus 1998. […]
habib rizieq foto