Home » Artikel » Selain Terbangkan Pesawat Pilot Memiliki Tugas Lain

Ilustrasi

Jakarta – Pilot bisa jadi orang yang paling penting dalam keselamatan penerbangan. Tapi traveler mesti tahu, tugas pilot bukan cuma menerbangkan pesawat.

Sebuah pesawat biasanya diterbangkan oleh dua orang pilot yakni Kapten Penerbang dan Co-Pilot. Sebagai pemilik jabatan tertinggi di hierarki kru pesawat, Kapten Pilot memiliki wewenang dan tanggung jawab yang lebih besar.

Namun, wewenang pilot sendiri berlaku selama dalam pesawat terbang. Di lingkungan bandara terdapat otoritas sendiri yang bakal menindak segala hal yang mengganggu penerbangan yang disebut Badan Usaha Bandar Udara atau BUBU.

“Itu operator bandara, kalau kewenangan tertinggi di dalam pesawat itu pilot, kalau di lingkungan bandara kita kasih otoritas namanya BUBU (Badan Usaha Bandar Udara). Itu ada right (kewenangan) untuk mengoperasikan. Dalam mengoperasikan itu harus strict (tegas) tertibkan regulasi, seperti orang yang sebabkan obstacle (halangan), masuk tanpa izin, ancaman dan sebagainya,” ujar Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso saat berbincang dengan detikTravel beberapa waktu lalu.

Sementara berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2001 Tentang Keamanan dan Keselamatan Penerbangan Pasal 80, disebutkan bahwa seorang kapten penerbang bertanggung jawab atas keamanan dan keselamatan penerbangan.

Kemudian seorang kapten penerbang juga memiliki wewenang untuk melakukan tindakan-tindakan pencegahan terjadinya gangguan keamanan dan keselamatan penerbangan. Tindakan pencegahan yang dilakukan oleh kapten penerbang meliputi mengambil tindakan pengamanan terhadap penumpang atau kondisi darurat lainnya yang membahayakan penerbangan.

Oleh karena itu, kapten penerbang juga diberikan wewenang untuk menurunkan dan atau menyerahkan pelaku diduga mengganggu atau membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Dalam penerbangan, kata Agus, keselamatan merupakan prioritas utama sebab berkaitan dengan nyawa masyarakat. Maka, sistem keamanan pun dibuat tiga lapis yang disebut fail-safe.

“Fail-safe itu kalau satu komponen itu failed, masih safe karena ada redundant-nya yaitu yang kedua. Yang kedua ini failed, masih ada temennya lagi yang ketiga,” ungkapnya.

Makanya, seringkali pilot mengurusi gangguan penumpang dalam penerbangan. Misalnya saja ada penumpang sakit, pilot akan memutuskan apakah pesawat akan putar balik atau mendarat darurat di bandara terdekat.

Kalau misalnya ada penumpang bandel dan bikin ulah, siap-siap saja. Dari kokpitnya, pilot akan menghubungi pihak keamanan bandara. Begitu pesawat mendarat, penumpang yang bermasalah akan langsung dijemput petugas.

https://travel.detik.com/travel-news/d-3938486/tugas-pilot-bukan-cuma-terbangkan-pesawat-lho?_ga=2.81019607.1964167636.1522116272-230529379.1467338381

Bukan SalingSilang.com
Orang-orang PKI di Lubang Kuburan yang Mereka Gali Sendiri ( Made Supriatma: Maaf itu Murah)

Orang-orang PKI di Lubang Kuburan yang Mereka Gali Sendiri ( Made Supriatma: Maaf itu Murah)

Seperti biasa, sebelum tidur saya memainkan handphone (HandPhone) dengan maksud supaya mata lelah dan kantuk menghampiri. Dari membuka google, browsing ke situs-situs yang menurut saya baik untuk dikunjungi dan menambah wawasan. Pastinya juga tidak lupa bersosial media, seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Hampir
Tidak Suka Jokowi Bukan Berarti Tidak Suka Baca Buku Tentangnya

Tidak Suka Jokowi Bukan Berarti Tidak Suka Baca Buku Tentangnya

Setelah kemarin aku posting hasil resensi buku Jokowi, banyak yang protes. Padahal buku tersebut termasuk buku lama dan bukanlah salah satu buku best seller saat itu. Apa yang membuat perbincangan terlalu seperti didramatisir? Ya, tidak lain tidak bukan, karena tokoh dalam buku tersebut.
Sejarah Kopi Di Nusantara Ini Penting Kita Ketahui

Sejarah Kopi Di Nusantara Ini Penting Kita Ketahui

Jangan lupakan sejarah demikian Soekarno pernah berkata tentang bangsa Indonesia yang harus menghormati jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Sejarah penting kita ketahui agar kita paham jika ada kekeliruan dikemudian hari. Seorang tahu sejarah akan meluruskan kembali ke jalan yang
Apa yang Didapat Dari Seorang Tokoh Agama, Teriakannya Atau Ajarannya?

Apa yang Didapat Dari Seorang Tokoh Agama, Teriakannya Atau Ajarannya?

Mudah-mudahan video di postingan blog saya ini salah, juga pembaca tidak terbawa emosi saat menonton dan membaca tulisan ini. Jika ada yang bersedia membenarkan atau memberitahukan apa dan bagaimana seharusnya seorang tokoh agama bersikap, maka akan lebih baik. Habib Rizieq meminta supaya Ahok
Tips Liburan di Rumah Sambil Bekerja di Rumah

Tips Liburan di Rumah Sambil Bekerja di Rumah

Bercerita tentang liburan di rumah, bukan berarti cerita tentang tidur, atau bermalas-malasan di rumah. Jika Anda seorang Blogger maka Anda akan berkata, bahwa di rumah juga bisa bekerja. Memang banyak orang akan melihat kita aneh, karena jarang sekali keluar rumah untuk bekerja, mereka